Rica-Rica Ayam & Mentok Bu Suhar

Kupang, Tebel, Bareng, Kupang, Tebel, Kec. Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61474

Informasi Rica-Rica Ayam & Mentok Bu Suhar

Rica-rica memang masakan khas Manado, tapi warga Jombang juga bisa menikmati hidangan dari Sulawesi Utara yang nikmat di Warung Rica-Rica Mentok Bu Suhar di Desa Tebel, Kecamatan Bareng. Rica-Rica Mentok Bu Suhar, rupanya sudah menjadi perbincangan di kalangan pecinta kuliner Jombang karena citarasa bumbunya yang nikmat pedas membara.

Buka sejak 2010, Rica-Rica Mentok Bu Suhar awalnya tak bertempat di lokasi yang sekarang. Dulunya pun tak menjual ayam rica-rica, tapi berupa warung biasa yang menjual nasi lalapan pada umumnya. Warung yang namanya menggunakan nama almarhum suami Bu Suhar ini sebelumnya ada di samping pabrik yang tak jauh dari lokasi kini. Jika dihitung, depot yang baru ini baru ditempati tujuh bulan semenjak pindah total dari dekat pabrik.

Berada di Jalan Raya Tebel Bareng, warung Bu Suhar tampak ramai oleh pengunjung yang keluar masuk, mulai andok di tempat hingga untuk bungkus bawa pulang. Pembeli dari luar dan dalam kota tampak sudah familiar dengan warung masakan khas Manado yang ada di Jombang ini.

Meski rica-rica merupakan masakan khas Manado, Bu Suhar mendapatkan resep andalannya dari saudara dari Balikpapan. Banyak daerah di Indonesia juga menyajikan menu ini, termasuk pulau Kalimantan yang mungkin salah satu lokasi yang banyak menyajikan makanan khas Sulawesi.

Ide membuka warung dengan menu rica-rica didapat atas saran kerabat dari Balikpapan, untuk membuka depot makanan yang menunya belum banyak dijual di Jombang. Sebuah strategi diferensiasi di bidang kuliner yang berhasil diterapkan di Kota Santri regional Bareng yang kemudian sukses dan kini menjadi  salah satu jujugan wisata kuliner di Jombang.

Itik, entog, atau mentok adalah salah satu jenis unggas yang bentuknya seperti pertengahan antara bebek dan angsa. Dalam sehari, Bu Suhar bisa menghabiskan 30 hingga lebih dari 40 ekor mentok. Untuk 24 ekor mentok, dimasak bersamaan dengan bumbu dan lima kilogram cabai. Wuihh.... Sementara ini, satu menu rica-rica mentok dibanderol seharga 16ribu rupiah. Sedangkan lauk rica-rica dibandrol seharga 25ribu rupiah.

Meski demikian, bagi yang tak menyukai rasa unggas yang jalannya megol-megol ini, tak usah khawatir karena masih bisa memilih varian rica-rica ayam sebagai subtitusinya. Menu lainnya juga tersedia seperti rempelo, rica-rica belut, ayam panggang kampung, ayam goreng, dan kare ayam kampung.

Minuman yang tersedia berkisar antara es teh, es jeruk, minuman kemasan dan limun uap khas Jombang!!!!!! Waaah ada soda temulawak dan coffee beer Jombang yang huenak itu! Tapi kali ini Jombang City Guide tetap memesan air jeruk dobel karena adanya resiko nyonyor karena mulut terbakar...

 

Jam Buka :

Sen:

07.00–19.00

Sel:

07.00–19.00

Rab:

06.30–19.00

Kam:

06.30–19.00

Jum:

06.30–19.00

Sab:

06.30–20.00

Min:

07.00–19.00

 

Masakan

Kuliner Pagi

Harga

Anatara 25.000

Ulasan & Review

5

5 Bintang